Tingkatkan SDM Pariwisata, Dinas Pariwisata Riau Gelar Bimtek Bersama Kabupaten Kota

Tingkatkan SDM Pariwisata, Dinas Pariwisata Riau Gelar Bimtek Bersama Kabupaten Kota
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat S STP MSi, diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Riau Savitry Handayani SE Ak membuka Bintek

DEWANATANEWS.COM, PEKANBARU -- Pembangunan kepariwisataan di Indonesia pada umumnya dan di provinsi Riau pada khususnya harus dilakukan secara sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Salah satu karakter keberhasilan pembangunan pariwisata adalah apabila dampak dari pembangunan pariwisata mampu menyentuh pada pembangunan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat S STP MSi, diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Riau Savitry Handayani SE Ak, menyampaikan, keberhasilan pembangunan pariwisata tersebut salah satunya ditentukan oleh keberhasilan pembangunan sumber daya manusianya. Untuk itu perlu adanya sepemahaman dan sinergitas antara pemerintah dan stakeholder pariwisata yang termuat pada unsur penta helix.

"Karena itu, dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya dalam manajemen penyelenggaraan event daerah, Deputi bidang Produk Wisata dan  penyelenggara kegiatan (event) Kemenparekraf RI telah membuat program pembinaan event pariwisata daerah tahun 2022. Melalui program ini diharapkan mampu menciptakan SDM Parekraf daerah yang memiliki kompetensi dalam perencanaan dan pengelolaan event daerah yang berkualitas dan memiliki standar nasional maupun internasional," katanya, Kamis (13/10/2022).

Dia menambahkan, Bimtek peningkatan kapasitas penyelenggara kegiatan/event, yang dilaksanakan 12 hingga 15 Oktober 2022 ini bertujuan untuk menciptakan SDM Parekraf yang memiliki kemampuan dalam menyusun konsep pengelolaan event, menghasilkan konsep event,  mengidentifikasi dan menganalisis potensi pasar dalam mendatangkan wisatawan, serta mampu merencanakan sistem pelaksanaan event yang efisien dan efektif, mampu mencegah dan meminimalisir resiko, serta mampu mengevaluasi kinerja operasional dan kualitas layanan selama proses event berlangsung.  

"Harapan kami khususnya kepada para peserta, dengan memiliki kemampuan dalam manajemen event, kedepannya akan lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan event-event baru yang berkualitas dan yang berkontribusi dalam pengembangan sektor pariwisata daerah, menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian masyarakat," imbuhnya.**tri

#Wisata

Index

Berita Lainnya

Index