Libur Lebaran Dinas PUPR-PKPP Riau Melakukan Pemeliharaan Jembatan Sungai Sail, Kota Pekanbaru

Libur Lebaran Dinas PUPR-PKPP Riau Melakukan Pemeliharaan Jembatan Sungai Sail, Kota Pekanbaru
Libur Lebaran Dinas PUPR-PKPP Riau Melakukan Pemeliharaan Jembatan Sungai Sail, Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Meski libur lebaran, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau melakukan pemeliharaan Jembatan Sungai Sail, Kota Pekanbaru.

Pemeliharaan jembatan dilakukan Dinas PUPR-PKPP Riau melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah I berupa pembersihan dan mengenakan kerangka besi jembatan.

"Iya, kita saat ini tengah melakukan pembelian Jembatan Sungai Sail, di Jalan Harapan Raya, Kota Pekanbaru," kata Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah I, Dinas PUPR-PKPP Riau, Khairil Anwar, Jumat (12/4/2024).

Khairil mengatakan, pemeliharaan jembatan tersebut dilakukan karena beberapa tahun jembatan belum ada pemeliharaan. Sehingga jembatan perlu dilakukan pemeliharaan untuk menjaga kekuatan jembatan.

"Jadi jembatan itu kita lakukan pembersihan dan cat ulang. Karena rangka jembatan kondisinya sudah banyak yang berkarat. Makanya perlu dilakukan pemeliharaan untuk mempertahankan kondisi dan struktur jembatan," sebut Khairil.

Selain itu, lanjut Khairil, pemeliharaan juga dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan Harapan Raya saat melintasi Jembatan Sail.

Proses pemeliharaan dimulai dengan pembersihan jembatan dari kotoran, debu dan sampah yang menempel pada permukaan jembatan.

Setelah itu, kemudian dilakukan pengecatan ulang pada kerangka jembatan yang terlihat pudar atau terkelupas untuk melindungi struktur jembatan dari kerusakan akibat cuaca dan korosi.

"Kita memastikan bahwa semua tindakan yang diambil sesuai dengan standar keamanan dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Hal ini untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi pengendara yang melintasi jembatan," tandasnya. ***mcr

Berita Lainnya

Index