Kapolres Rohil Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning Tahun 2024 dan Rapat Lintas Sektoral

Kapolres Rohil Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning Tahun 2024 dan Rapat Lintas Sektoral

ROKAN HILIR - Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto SH SIK MSi memimpin Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning tahun 2024, Rabu (3/4) di Halaman Polres Rohil.

Bertindak selaku Perwira Apel AKP Yuliardi, S.H. dan Komandan Apel IPDA Richard Sinaga, Upacara ini dihadiri oleh Asisten I Pemkab Rohil Ferry H Farya, Dandim 0321/Rohil diwakili Danramil 02/Tanah Putih Kapten (Cba) Karnilawati, Waka Polres Rohil Kompol Ricky Michael Mandey S.I.K, Danyon Sat Brimob Batalyon B, Kompol Rokhani SS,MH, Kadishub Rohil Budi F, Kasenkom Rohil, Ngatijan, Kasatpol PP Rohil, H. Syafnurizal, SE, Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira Polres Rohil.

Sementara Barisan Peserta Apel terdiri dari Barisan Pama, Barisan TNI,Barisan Sat Brimob Batalyon B,Barisan Sat Sabhara, Barisan Gabungan Staf, Barisan Resintel dan Narkoba, Barisan Sat Pol PP, Barisan Dishub, Barisan Dinkes dan Barisan Senkom.

Usai penyematan pita secara simbolis pertanda akan dimulainya Operasi Ketupat Lancang Kuning tahun 2024 di wilayah hukum Polres Rohil. 

Dalam amanat Kapolres Rohil selaku Pimpinan mengatakan, Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H. 

Peserta apel gelar pasukan, hadirin dan tamu undangan yang saya hormati, Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat Lancang Kuning 2024”yang melibatkan 194 Personel yang Terdiri dari 126 Personel POLRI, TNI 16 Personel, Dishub 12 Pers, Satpol PP24 Personel Dinas Kesehatan 8 Personel dan Senkom 8 Personel.

Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 akan berlangsung selama 13 Hari terhitung dari tanggal 28 Maret sampai dengan tanggal 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD dimulai dari tanggal 28 Maret kemarin hingga hari ini 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca Operasi tanggal 17 April sampai dengan tanggal 23 April 2024, mendatang," ujar Kapolres.

Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 4 pos, yang terdiri dari 2 pos pengamanan yang terletak diSimpang Bukit Timah dan Balam Km. 08 Bangko Pusako, 1 pos pelayanan Bagan Siapi-api, dan 1 posterpadu Perbatasan Riau-Sumut Kecamatan Bagan Sinembah, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta dipusat-pusat keramaian.

Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal. Polri bersama dengan Kementerian Perhubungandan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan Surat Keputusan Bersama tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudikdan Arus Balik Angkutan Lebaran 2024/1445 H.

Terkait penggunaan jalan tol dan jalur arteri, berikan jaminan kamseltibcar lantas kepadamasyarakat. Periksa kesiapan infrastruktur dan modatransportasi yang akan digunakan masyarakat, reduksi faktor- faktor potensi kerawanan dan sumbatan di jalanraya, terapkan rekayasa lalu lintas secara terukur danterkoordinasi. Apabila masyarakat merasa khawatirterdapat gangguan kejahatan dalam perjalanannya, siapkan pengawalan kepolisian untuk memberikan rasa aman," perintahnya.

Peserta apel gelar pasukan, hadirin, dan tamu undangan yang berbahagia, Sebelum mengakhiri amanat ini, tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu. 

Sebagai penutup, atas nama Kepala KepolisianNegara Republik Indonesia, saya mengucapkan“Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H”kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semogakita mampu mendapatkan ampunan dan menyambuthari kemenangan dengan hati yang suci," pungkasnya.

Setelah usai acara tersebut, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto SH SIK MSi juga melakukan Rapat Lintas Sektoral di gedung Patriatama Polres Rohil. Dan pada Pukul 17.00 Wib, Rangkaian kegiatan Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 diwilayah hukum Polres Rohil telah selesai. (rilis/zal)

Berita Lainnya

Index