Periode Februari, 17.140 KPM di Kota Pekanbaru Terima Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah

Periode Februari,  17.140 KPM di Kota Pekanbaru Terima Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah
Kepala DKP Pekanbaru H. Maisisco menyerahkan bantuan cadangan beras pemerintah untuk warga tidak mampu periode Februari 2024 di Kantor Pos Pekanbaru, Selasa (5/3/2024) pagi.

DEWANATANEWS.COM, PEKANBARU -- Pemerintah kembali menyalurkan bantuan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk periode bulan Februari 2024 Pasca pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pilpres dan Pileg 2024, Selasa (5/3/2024).

Total Sebanyak 17.140 KPM sebagai penerima dalam penyaluran periode Februari yang dilakukan di Kantor Pos Cabang Utama Kota Pekanbaru di Jalan Sudirman Pekanbaru.

Ribuan warga sudah menantikan penyaluran bantuan beras pemerintah untuk warga tidak mampu itu dengan duduk rapih di lokasi penyaluran.

"Pada penyaluran lagi tadi dilakukan untuk sekitar 1.600 warga dari wilayah Sri Meranti, Kecamatan Rumbai," jelas 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan H Maisisco disela melakukan monitoring terhadap proses pelaksanaan penyaluran CBP untuk periode Februari ini dengan ikut langsung melakukan pemeriksaan dokumen penerima manfaat.

''Sejauh ini, seluruh proses penyaluran CBP bulan Februari ini berjalan lancar, dan kita harapkan sampai selesai tidak ada kendala,'' lanjut Maisisco.

Maisisco juga menyebut bahwa batuan CBP bulan Februari ini memang jadwalnya diundur selama beberapa waktu dikarenakan pelaksanaan Pemilu. Setelah proses pemilu selesai, pemerintah melalui Bapanas, Bulog dan Kantor Pos kembali melakukan penyaluran bantuan pangan ini.

"Monitoring yang kita lakukan di lokasi penyaluran ini untuk memastikan bahwa proses penyaluran berjalan lancar, aman dan tidak ada kendala,''ujarnya.

Maisisco juga menjelaskan kalau pihaknya juga juga sehari sebelumnya telah melakukan pengecekan terhadap kualitas beras yang akan disalurkan. 

''Kami pastikan beras yang disalurkan ini adalah yang terbaik,'' imbuhnya.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan DKP Pekanbaru Dinal Husna menjelaskan bahwa beras yang disalurkan ini adalah cadangan beras pemerintah yang dibantukan untuk masyarakat kurang mampu.

"Masing-masing Kepala Keluarga menerim sebanyak 10 Kilogram, dan ini akan disalurkan selama 6 bulan berturut-turut semenjak Januari 2024 lalu,"pungkasnya.

Sementara, Deputi DGM Kantor Cabang Utama (KCU)  PT Pos Indonesia Pekanbaru Nicko Riowanto menjelaskan, kalau pada hari ini, pemerintah menyalurkan bantuan sebanyak 1.600 keluarga penerima manfaat di Kota Pekanbaru.

Jumlah ini, dijelaskan dia merupakan bagian dari total sebanyak 17.140 KPM  berdasarkan data yang diterima dari Kementerian Koordinator PKM.

''Untuk yang kita salurkan hari ini berasal dari Kecamatan Rumbai, tepatnya Kelurahan Sri Meranti dan Meranti,''sebutnya.

Dia berharap penyaluran ini bisa berjalan lancar dan bisa terealiasasi tepat waktu.

''Penyaluran untuk 15 Kecamatan se Kota Pekanbaru ini dijadwalkan selama satu minggu, bila dalam kurun waktu tersebut ada yang tidak mengambil, kita akan menyurati Lurah atau Camat untuk dropping agar lebih dekat masyarakat mengambilnya," jelas Nicko. **

Berita Lainnya

Index