Kadis DKP Pekanbaru Maisisco Minta stakeholder, Perbankan, Perusahaan Swasta Dukung Pengendalian Inflasi

Kadis DKP Pekanbaru Maisisco Minta stakeholder, Perbankan, Perusahaan Swasta Dukung Pengendalian Inflasi
Kadis DKP Pekanbaru Maisisco

PEKANBARU - Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru, Maisisco mengajak stakeholder, hingga perbankan, termasuk perusahaan swasta lainnya, untuk mendukung pengendalian inflasi dengan melakukan penguatan ketahanan pangan melalui aksi-aksi sinergis.

Ajakan ini salah satunya telah disampaikan kepada pimpinan Bank Syariah Indonesia (BSI) Kota Pekanbaru, pada saat DKP Pekanbaru melakukan kunjungan dan koordinasi kepada BSI Pekanbaru, pada Senin (29/01).

Pada kesempatan itu, Maisisco mengajak pihak bank untuk terlibat dalam sejumlah program yang dilaksanakan pemerintah Kota Pekanbaru.

"Karena Pekanbaru ini bukanlah daerah penghasil pangan. Banyak komoditas pangan yang dikonsumsi masyarakat didatangkan dari luar daerah. Hal tersebut potensial menimbulkan kerentanan kerawanan pangan bila tak dikelola secara baik dan koordinatif. Maka dari itu, kita membutuhkan saling bersinergi dengan semua pihak dalam mengendalikan inflasi dan ketahanan pangan,'' ujar Maisisco, Rabu, (31/1).

Menurutnya, ada berbagai sebab gangguan ketahanan pangan. Seperti cuaca, kondisi alam, hingga kelancaran transportasi antar wilayah.

Karena itulah, Dinas Ketahanan Pangan bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pekanbaru, jelas Maisisco, secara sinergis terus melakukan upaya sinergi dan koordinatif dalam sejumlah program agar kendala-kendala yang bisa memicu terjadinya gejolak harga pangan, dan bisa berujung pada terjadinya peningkatan inflasi bisa diantisipasi semenjak awal.

Lebih jauh, Kabid Distribusi dan Candangan Pangan Dinas Pangan Pekanbaru menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan GPM sendiri, Pemko Pekanbaru menggandeng Bank Indonesia, BPR Pekanbaru, PTPN IV, Perum Bulog dan sejumlah pelaku UMKM untuk terlibat.

"Kami juga berharap sinergi ini bisa melibatkan lebih banyak lagi pihak, termasuk BSI,"jelas Dina.

Branch Manager BSI Pekanbaru-Sudirman I, Muhammad Rusdy yang menyambut kedatangan rombongan Dinas Pangan Pekanbaru mengaku apresiatif dengan kunjungan sekaligus upaya koordinasi yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan.

Dia pun menjelaskan, ada banyak sekali hal yang mungkin bisa disinergikan dengan BSI baik secara program maupun bisnis perusahaan.

Rusdi juga menjelaskan, sangat mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam upaya pengendalian inflasi daerah dan mendukung penguatan ketahanan pangan daerah, termasuk dengan menggandeng perbankan di antaranya BSI.

"Tentunya ini kehormatan bagi kami, dan Kami akan berkoordinasi menindaklanjuti kunjungan ini, dan berharap bisa melakukan banyak hal secara sinergis,"ungkap Rusdy.

Rusdy pun mengungkapkan beberapa atensinya terhadap program yang ditawarkan Pemerintah Kota Pekanbaru melalui DKP. "Kami harapkan bisa menjadi bagian dari sinergi yang telah dibangun ini,"pungkasnya. ***kominfo/Int
 

Berita Lainnya

Index