Dipimpin Raja Rilla Muflihun, TP PKK Pekanbaru Lakukan Gerakan Tanam Cabai Serentak di KWT Cemara

Dipimpin Raja Rilla Muflihun, TP PKK Pekanbaru Lakukan Gerakan Tanam Cabai Serentak di KWT Cemara

DEWANATANEWS. COM,  PEKANBARU - Dipimpin langsung oleh Raja Rilla Mustafa Muflihun Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pekanbaru melaksanakan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai Serentak, Senin (4/3/2024) pagi.

Kegiatan serimoni yang juga dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru H. Maisisco yang diwakili Kepala Bidang Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Ismail, Camat Sail Farid Irwan Maulana dan para pengurus Tim PKK Pekanbaru tersebut dilaksanakan di lokasi pertanian Kelompok Wanita Tani (KWT) Cemara di Jalan Thamrin, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru.

Ketua TP PKK Pekanbaru melakukan penanaman bibit cabai di lahan khusus yang memang telah disediakan untuk program Gertam.

Dalam kegiatan yang bersamaan secara video converence via Zoom Meeting dengan pengurusPKK se Indonesia bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga Ibu Wakil Presiden, Wury Ma'ruf Amin, kuga Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian. Raja Rilla secara langsung menanam cabai ditempat yang telah disiapkan.

Meski dilaksanakan di antara rinai hujan dan lahan yang basah oleh hujan lebat semenjak malam tadi, namun tak menyurutkan semangat kaum ibu PKK untuk melaksanakan penanaman ribuan bibit cabai yang telah disediakan.

Ketua TP PKK Pekanbaru, Raja Rilla usai acara kepada media menjelaskan bahwa kegiatan Gertam Cabai yang dilaksanakan Pokja III TP PKK Pekanbaru di lokasi pertanian KWT Cemara ini adalah dalam rangka  Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 52.

''Yang dilaksanakan hari ini merupakan launching, dan akan dilanjutkan di seluruh kecamatan di Kota Pekanbaru,'' jelas Raja Rilla.

Raja Rilla juga menjelaskan mengapa pada momen HKG Ke-52 ini menanam cabai dijadikan program, tidak terlepas dari fakta bahwa saat ini, memang cabai menjadi salah satu komoditas pangan yang harganya cukup fluktuatif.

''Kita tidak ingin ibu-ibu kita di rumah kesulitan mendapatkan cabai karena harganya. Karena itulah, kita menginisiasi melalui Gertam ini, agar kaum ibu di kelurahan, kecamatan bisa ikut menanam cabai,'' jelasnya.

Diharapkan dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumah masing-masing, kedepan rumah tangga tidak akan kesulitan lagi untuk membeli cabai yang harganya saat ini naik.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Ismail menjelaskan, Gertam Cabai ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah Kota Pekanbaru bekerja sama dengan TP PKK Kota Pekanbaru untuk mengupayakan cabai tetap tersedia di tengah masyarakat dan mengendalikan dampak inflasi yang bisa terjadi dikarenakan berkurangnya pasokan, atau harga yang fluktuatif.

Dengan menanam di rumah-rumah, di lahan KWT, dia berharap kaum ibu bisa terbantu  dan mengurangi pengeluarkan keluarga untuk berbelanja cabai di pasar.

''Karena Cabai ini bisa ditanam dipekarangan. Dan agar berhasil tentu juga dibutuhkan perawatan, tapi itu tidak terlalu sulit, " sebutnya.

Sementara, Ketua KWT Cemara, Syuharni Fainur mengapresiasi pelaksanaan Gertam Cabai di lokasi tanam yang dikelola KWT nya.

''Memang lokasi kami ini kan sudah lama, dan masyarakat juga tahu kalau membutuhkan sayuran langsung belanja di areal tanam kita. Begitu juga nantinya kalau cabai yang ditanam ini berhasil dan berbuah baik, kita harapkan juga bisa bermanfaat untuk membantu masyarakat di sekitar,'' ungkap wanita yang akrab disapa Ibu Emi ini.

Emi menjelaskan, KWT yang mereka kelola sangat siap untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan terhadap komoditas cabai yang ditanam ini.

''Meski kondisi cuaca saat ini kurang baik, kadang panas kadang hujan. Tapi kami yakin, kalau tanaman cabai yang akan kita budidayakan ini akan bisa tumbuh baik. Insya Allah kita akan lakukan perawatan dengan baik,''imbuhnya. **Red/Ad

Berita Lainnya

Index