Stok Habis, GPM DKP di Bukit Barisan Diserbu Kaum Ibu, Minta Dilaksanakan Lagi

Stok Habis, GPM DKP di Bukit Barisan Diserbu Kaum Ibu, Minta Dilaksanakan Lagi

DEWANATANEWS.COM, PEKANBARU - Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru di halaman Masjid Rhaudatussolihin Jalan Bukit Barisan kecamatan Kulim, Pekanbaru, Kamis (29/2/2024) menjelang siang.

Lonjakan harga sejumlah komoditas pangan di pasar menjadi alasan, mereka pun melampiaskannya dengan berbondong-bondong berbelanja di lokasi GPM.

Kaum ibu yang datang sudah antre semenjak pukul 07.00 WIB, padahal GPM sesuai jadwal baru akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Pada umumnya kaum ibu ini datang ke GPM untuk membeli beras, cabai dan minyak goreng.

''Beras lagi mahal pak, kami tahu di GPM ini berasnya murah, makanya kami rela antre di sini semenjak pagi,''ungkap Ibu Wiwik, salah seorang warga yang berbelanja.

Dia menjelaskan, di pasar, beras SPHP dijual Rp60.000 per kemasan 5 kilogram, sementara beras anak daro dijual Rp175.000 per kemasan 10 kilogram.

Dia

bersyukur masih mendapatkan beras SPHP dan beras Anak daro secara bersamaan di GPM ini.

Namun, banyak juga kaum ibu yang pulang dengan wajah sedih, karena kehabisan persediaan beras karena datang setelah antrean warga membeludag.

"Kalau bisa, sering-seringlah dibuat lagi  GPM nya pak di sini. Banyakkan persediaan berasnya Pak,"ungkap ibu tersebut.

Tak hanya komoditas beras, cabai, bawang, gula, bahkan daging beku yang dijual oleh Rumah Daging Indonesia Kota Pekanbaru ikut habis diserbu kaum ibu yang mengaku memang khusus berbelanja menjelang Bulan Ramadhan.

"Sambil sambil diangsur juga ini Pak, kita kan mau Puasa..."jelas Urfa, warga lainnya.

Dari pantauan di lapangan, pelaksanaan GPM di halan masjid Rauhatussolihin ini termasuk salah satu GPM yang paling cepat tuntas. Karena hanya dalam hitungan 2 jam saja seluruh komoditas yang tersedia habis terjual.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, H. Maisisco melalui Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinal Husna menjelaskan, pada pelaksanaan GPM di Raudhatussolihin Jalan Bukit Barisan ini pihaknya menyediakan tak kurang dari 10 ton bahan kebutuhan pokok, terdiri dari beras SPHP, beras Anak Daro, Cabai merah, bawang, gula, minyak goreng, daging beku, sosis dan aneka pangan olahan daging dan Telur.

Beras SPHP dijual seharga Rp50.000 per kemasan 5 kilogram

Beras Anak Daro Rp75.000 per kemasan 5 kilogram.

Telur ayam Rp23.000/ setengah papan

Gula Rp14.000 per kilogram

Minyak goreng Rp13.000 per liter

Cabai merah Rp28.000 per 1/2 kilogram.

Bawang Rp22.000 per kilogram

Daging beku Rp90.000 per kilogram.

Dinal juga mengakui tingginya animo masyarakat ini, sehingga, ketersediaan 10 ton komoditas pangan yang ada sebentar saja habis terjual.

''Semua komoditas sepertinya memang dicari oleh warga. Mungkin karena menjelang bulan Ramadhan, ada lonjakan terhadap daya beli masyarakat,'' jelas Dinal Husna.

Dinal juga menjelaskan, menjelang Bulan Suci Ramadhan ini, Bapanas melalui Dinas Pangan Kota Pekanbaru juga kabupaten kota lainnya akan melaksanakan GPM serentak di seluruh Indonesia yang rencananya akan dilaksanakan pada 6 Maret 2024 yang akan datang.

"Rencananya tanggal 6 Maret serentak di seluruh Indonesia, dan untuk di Pekanbaru kita rencanakan di Kecamatan Rumbai,"ungkap Dinal.

Dia juga berharap masyarakat dapat terbantu dengan pelaksanaan GPM ini. Dan dia mengajak masyarakat untuk senantiasa meramaikan pelaksanaan GPM yang dilaksanakan Pemerintah Kota Pekanbaru khususnya Dinas Pangan Pekanbaru. **Red
 

Berita Lainnya

Index