BPS Riau Audiensi Ke Pemprov Riau,

Sensus Pertanian Memiliki Peran Stratagis dalam Perkembangan Pertanian di Indonesia

Sensus Pertanian Memiliki Peran Stratagis dalam Perkembangan Pertanian di Indonesia
BPS Riau Audiensi Ke Pemprov Riau,

DEWANATANEWS.COM, PEKANBARU - Sensus Petanian 2023 merupakan Sensus Pertanian ke-7 yang dilaksanakan di Indonesia pasca kemerdekaan. Sebagai negara agraris, Sensus Pertanian memiliki peran stratagis untuk mendapatkan data dan infomasi terkini tentang perkembangan sektor Pertanian di Indonesia, termasuk di Provinsi Riau. Oleh karena itu, Presiden RI Joko Widodo dalam pencanangan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 pada 15 Mei 2023 yang lalu di Istana Negara menyatakan bahwa pertanian merupakan sektor yang strategis dan melibatkan hajat hidup orang banyak.

Sehingga Presiden menegaskan perlunya akurasi data ST2023 untuk menghasilkan akurasi kebijakan. Sensus ini mencakup 7 subsektor, yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian. Dalam kurun waktu dua bulan tersebut, lebih dari 190 ribu petugas dikerahkan untuk mendata seluruh responden ST2023.

Saat ini Sensus Pertanian 2023 memasuki tahapan diseminasi data. Tentu rilis resmi hasil Sensus Pertanian menjadi sesuatu yang penting ditunggu oleh berbagai kalangan, terutama stakeholders pertanian baik swasta, pemerintah maupun masyarakat, khususnya untuk evaluasi dan perencanaan pembangunan di sektor pertanian. BPS akan melakukan rilis Tahap 1 hasil Sensus Pertanian 2023 pada tanggal 4 Desember 2023.

Sehubungan hal tersebut, pada Jumat, 24 November 2023 Kepala BPS Provinsi Riau beserta jajaran melakukan audiensi kepada Plt. Gubernur Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, M Job Kurniawan. Juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Riau beserta jajaran.

Kepala BPS Riau, Asep Riyadi menyampaikan bahwa BPS Riau juga akan melaksanakan Rilis Tahap 1 hasil Sensus Pertanian 2023 pada tanggal 4 Desember 2023 yang akan dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru dan tentunya dapat dihadiri oleh Plt Gubernur Bapak Brigjen TNI (Purn) H. Edy Natar Nasution SIP. **

Sumber: https://riau.bps.go.id/news/2023/11/24/146/audiensi-ke-pemprov-riau--persiapan-rilis-hasil-st2023.html

Berita Lainnya

Index