Kadispora Riau : Perbaikan Venue Porwil XI Sudah Maksimal

Kadispora Riau : Perbaikan Venue Porwil XI Sudah Maksimal
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Bobby Rachmat.

DEWANATANEWS.CO, PEKANBARU - Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI di Provinsi Riau, Pengurus Besar (PB) Porwil bersama KONI Riau dan Dispora Riau, meninjau langsung kesiapan sejumlah venue. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Bobby Rachmat mengatakan, pihaknya terus memantau penyelesaian sejumlah venue olahraga untuk persiapan menghadapi Porwil XI Sumatera, yang direncanakan akan bergulir pada 4-14 November mendatang.

Perbaikan venue untuk pertandingan Porwil XI Sumatera hanya perbaikan ringan, karena sebelumnya Dinas PUPR-PKPP Riau juga telah melakukan perbaikan beberapa venue yang ada di Pekanbaru. 

Dari basil peninjauan venue yang ada di Kota Pekanbaru, PB Porwil memastikan seluruh venue sudah siap digunakan untuk pertandingan. Seperti di venue renang di sport centre Rumbai, saat ditinjau kondisi kolam pertandingan sudah layak digunakan. Hanya tinggal penyelesaian pengerjaan kolam pemanasan, dan saluran air, serta listrik yang harus betul-betul difungsikan.

Kadispora Riau, Boby Rahmat, menjelaskan, pihaknya kembali akan mengecek persiapan venue setelah peninjauan. Dispora sebagai penanggungjawab venue yang ada di Pekanbaru ini akan terus memantau pengerjaan perbaikan venue, dan memastikan berjalan lancar. 

“Kita bersama dengan KONI dan PB Porwil turun bersama untuk mengecek kembali persiapan pelaksanaan Porwil, segera kita temukan beberapa kekurangan. Dengan waktu yang singkat ini kita akan terus bergerak, untuk kenyamanan bertanding dan official pada Porwil mendatang. Tentunya kita juga berharap dukungan masyarakat agar dalam persiapan Porwil ini akan lebih semarak,” kata Boby, Selasa (17/8/2023). 

Menurut ujar ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, semua venue yang telah ditinjau sudah layak digunakan. Ia mengungkapkan, untuk venue kolam renang memang agak perlu waktu sedikit lagi dipastikan penggunaannya, terutama kolam pemanasannya. 

"Yang lain tidak ada masalah kecuali yang hanya perbaikan sedikit-sedikit, termasuk kamar mandi dan toilet. Kolam renang dalam seminggu ini selesai. Kita optimis seluruh venue bisa diselesaikan,” ujar Iskandar. 

bisa diselesaikan,” ujar Iskandar. 

Setelah meninjau venue kolam renang, Iskandar Hoesin yang didampingi juga oleh Ketua PB Porwil, Jhoni Irwan, Kadispora Riau, Boby Rahmat melanjutkan peninjauan ke venue Wushu. Lokasinya tepat berada di depan venue renang. Di venue beladiri Wushu ini juga dipastikan sudah layak digunakan untuk pertandingan. 

Lanjut ke venue Barongsai, di kawasan sport Centre Rumbai, di hall A, rombongan PB Porwil juga menyempatkan diri langsung melihat atler Barangsai yang sedang latihan. Iskandar Hoesin dan Jhonu Irwan pun memberikan semangat kepada atlet Barongsai Riau yang sedang menjalani latihan. 

“Tetap semangat jalani latihan, berikan prestasi medali emas bagi kontingen Riau pda pada Porwil nanti,” ucap Iskandar Hoesin kepada atlet Barongsai Riau. 

Sementara itu, Ketua PB Porwil Sumatera XI, Jhoni Irwan berharap pelaksanaan Porwil yang hanya tinggal 17 hari lagi ini bisa berjalan dengan lancar. Tidak banyak yang perlu diperbaiki dari venue yang dipersiapkan untuk pertandingan. 

“Yang jelas untuk kondisi saat ini, hasil peninjauan kami, kita berharap kunjungan ini memberikan semangat baru khususnya bagi Pengprov Cabor. Kita memininalisir kekurangannya dan catatan-catatan yang lalu nanti pada akhirnya pelaksanaan acara sudah dapat dilaksanajan dan tuntas,” kata Jhoni Irwan.

Dia juga mengaku, bahwa untuk venue yang lainnya seperti venue Sepak Takraw di Purna MTQ sudah layak digunakan, termasuk venue Bila Voli di Gelanggang Remaja, hanya tinggal penerangan dan perbaikan beberapa titik tempat istirahat dan toilet. Begitu juga venue bola tangan di hall UIR. Sedangkan untuk Sepakbola di Stadion Rumbai dan stadion utama Riau. 

“Semua venue Insha Allah aman dan siap digunakan. Kalau untuk Atletik di Kampar Bangkinang sudah ada perbaikan, disana laporannya sudah dilakukan pekerjaan di sana sudah dikerjakan. Sudah meninjau dan melihat kondisi di lapangan, oleh tim dari PB Porwil,” kata Jhoni Irwan. **mcr/red

Berita Lainnya

Index