Serasa Nonton Pertunjukan di Luar Negeri,

Kemenparekraf Apresiasi KEN Kenduri Riau

Kemenparekraf Apresiasi KEN Kenduri Riau
Opening Ceremony KEN Kenduri Riau 2023 yang digelar di Kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji Bandar Serai, Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Jumat (18/8/2023) malam.

PEKANBARU - Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Masruroh memberikan apresiasi untuk event Kenduri Riau lantaran telah dua kali masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf RI. Ia sampaikan, Kenduri Riau merupakan satu di antara 100 event terbaik nasional.

Hal tersebut disampaikannya saat Opening Ceremony KEN Kenduri Riau 2023 yang digelar di Kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji Bandar Serai, Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Jumat (18/8/2023) malam.

"Kita patut berbangga dengan dengan hasil tersebut, melihat UMKM dan kreatifitas anak-anak mudanya, dan saya rasa pantas Riau mendapatkan hasil ini. Apalagi melihat pertunjukan malam ini saya tidak merasa sedang berada di salah satu provinsi di Indonesia, rasanya seperti melihat pertunjukan di luar negeri, jadi provinsi yang lainnya musti belajar dari Riau," ungkapnya.

Dengan hasil tersebut, apresiasi lainnya ia sampaikan juga kepada jajaran Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau. Karena ia meyakini, kesuksesan tersebut tidak akan mungkin terjadi tanpa sinergi yang apik antara pimpinan dan jajarannya. 

"Ekonomi kreatif itu hanya akan sukses jika CEO dan semua pelaku dibawahnya, dalam hal ini Gubernur, Forkopimda dan jajarannya berjalan baik serta arahan pimpinan dilaksanakan dengan baik oleh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," jelasnya.

Dengan terselenggaranya KEN Kenduri Riau ini, Masruroh berharap bisa membangkitkan geliat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kreatifitas anak muda di Riau. Apalagi Riau terkenal dengan alam dan budayanya. Khususnya, ucapnya, budaya melayu yang ditata dengan apik dan perpaduan antara kearifan lokan dan kesenian internasional.

"Semua dipadu dengan bagus, sehingga menghasilkan pertunjukan yang menarik dan menghibur. Begitu juga dengan wisata belanja dan kuliner yang ada di Riau juga sangat maju dan berkembang," ujarnya.

Masruroh mengatakan, KEN Kenduri Riau ini adalah aksi nyata dalam mendukung terwujudknya Indonesia maju. Sebab, kata dia, lewat event-event seperti ini semua pihak ikut terlibat dan dapat berekspresi dan berkreatifitas.

"Kita berharap event-event yang masuk KEN seperti Kenduri Riau ini bisa memberikan benefit kepada masyarakat di provinsi Riau, kemudian bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. Jadi event-even seperti ini harus dipromosikan, minimal ke daerah-aerah yang ada di Riau," tandasnya. **Inf

sumber: mediacenter

Berita Lainnya

Index