Plt Bupati Asmar Pimpin Upacara HUT ke-78 di Selatpanjang

Plt Bupati Asmar Pimpin Upacara HUT ke-78 di Selatpanjang
Plt Bupati Asmar Pimpin Upacara HUT ke-78 di Selatpanjang

MERANTI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-78 RI di Halaman Kantor Bupati, Selatpanjang, Kamis (17/8/2023).

Dalam amanatnya, Asmar mengatakan kemerdekaan bukan sekadar tanggal merah dalam kalender nasional, namun menjadi momen untuk merenung dan mengenang jasa serta perjuangan para pahlawan.

"Mereka telah mengorbankan segalanya demi kebebasan dan kemerdekaan tanah air," ujar Asmar.

Ia mengingatkan pentingnya bagi para penerus bangsa untuk mengetahui dan mengambil pelajaran, dari lika-liku sejarah perjuangan bangsa.

"Sebagai generasi penerus, tentunya kita merasa bangga dan harus menghargai jasa-jasa para pejuang. Kita hendaknya mengungkapkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya atas anugerah kemerdekaan Indonesia ini," ajaknya.

Asmar juga menegaskan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang hingga kini masih mempersatukan Indonesia.

"Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa bangsa Indonesia maju," ungkap Plt Bupati Meranti itu.

Bertugas sebagai Komandan Upacara Kapten Laut (P) Amrizal yang juga menjabat sebagai Komandan Pos AL Selatpanjang.

Ikut dalam upacara tersebut, unsur Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, para pejabat daerah, para veteran, pelajar, tokoh masyarakat dan perwakilan organisasi serta tamu undangan lainnya.

*Pengibaran Meranti Putih Berlangsung Khidmat

Sementara itu, pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berjalan khidmat dan sukses tanpa kendala.

Usai upacara, salah seorang Anggota Paskibraka yang bertugas membawa baki bendera, Silvi Putri Arfiani mengaku bangga dan senang.

Siswa SMAN 2 Tebingtinggi itu sempat tidak menyangka bahwa dirinya bisa terpilih menjadi Anggota Paskibraka. Bahkan ia dipercaya membawa baki bendera dengan tanggung jawab yang cukup berat.

"Saya tidak menyangka bisa menjadi pembawa baki, karena mengingat tanggung jawab yang besar," ungkapnya.

Putri dari Sofian dan Ervina itu menyebutkan, semua tugas itu dapat diselesaikan berkat dukungan dari tim Paskibraka, para pelatih dan pembina.

"Termasuk berkat doa dari orang tua, para guru dan dukungan dari seluruh pihak," ujar Silvi. (rls).

Berita Lainnya

Index