Diskop UMKM Rohil Adakan Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Koperasi Baru

Diskop UMKM Rohil Adakan Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Koperasi Baru
Diskop UMKM Rohil Adakan Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Koperasi Baru

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) setempat mengadakan pelatihan peningkatan pemahaman dan pengetahuan usaha mikro serta kapasitas dan kompetensi Sdm usaha mikro serta non fisik.

Pelatihan manajemen keuangan koperasi itu dibuka secara resmi oleh kadiskop UMKM Rohil, Sri Haslina SH, didampingi Kabid UMKM Eva Diana Rosa, Kamis (10/8) disalah satu aula hotel di Bagansiapiapi.

Dikatakan Sri Haslina, Pelatihan ini merupakan angkatan I tahun anggaran 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang. Dimana peserta ini merupakan koperasi yang baru terbentuk.

"Pelatihan dibagi dua angkatan, untuk angkatan pertama sebanyak 25 peserta yang dilaksanakan dari tanggal 10-12 Agustus 2023, kemudian angkatan kedua juga berjumlah 25 peserta yang dimulai dari tanggal 14-16 Agustus 2023," Kata Haslina.

Tujuan diadakan pelatihan ini kata Haslina, untuk melatih koperasi baru terbentuk tentang manajemen keuangan, administrasi, dan pengalaman yang harus diketahui oleh pengurus koperasi.

Diakuinya, Koperasi dirohil setiap tahunnya terjadi peningkatan anggaran dan pendapatan. Pasalnya, koperasi kita banyak yang menguntungkan perkoperasiannya dari pada individunya. "Kita juga mempunyai PPKL disetiap kecamatan untuk melakukan pemantauan dan pengawasan bagi koperasi yang ada," Ujar Haslina.

Untuk jumlah koperasi dirohil sambungnya lagi berjumlah 500 koperasi yang aktif dan 50 koperasi diantaranya tidak aktif. "Koperasi tidak aktif itu dikarenakan ketidaktahuan manajemen sehingga koperasi tersebut tidak bisa berjalan dengan sehat," Pungkasnya. (zal)

Berita Lainnya

Index