Dishub Pekanbaru Raih Akreditasi A Untuk Pelayanan Publik Uji KIR

Dishub Pekanbaru Raih Akreditasi A Untuk Pelayanan Publik Uji KIR
Kadishub Pekanbaru Yuliarso (dua kanan) saat menerima peng­hargaan Apresiasi dan Akreditasi A untuk pelayanan publik uji kir kendaraan bermotor dalam program Stranas PK Kemenhub RI di Jakarta, Senin (

DEWATANEWS.COM, PEKANBARU  - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan mendapatkan Apresiasi dan Akreditasi A untuk pelayanan publik uji kir kendaraan bermotor dalam program Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan RI, Senin (30/1/22) di Jakarta.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, ada delapan kota dan delapan kabupaten dari 200 kabupaten/kota se-Indonesia yang dinilai. ''Alhamdulillah Kota Pekanbaru mendapatkan Apresiasi dan Akreditasi A untuk pelayanan publik uji kir kendaraan bermotor dalam program Stranas PK dari Kemenhub RI. Ini diraih berkat support dan komitmen Bapak Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun,'' ujar Yuliarso,  di kutif dari laman riaupos.co.

Dijelaskannya, berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat tentang Akreditasi Unit Uji Berkala Kendaraan Bermotor pasal 5 ayat 3 yang mengatur ketentuan klasifikasi akreditasi A, maka UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru dinilai telah memenuhi persyaratan memiliki peralatan pengujian kendaraan bermotor dengan system computerized.

Kemudian, melakukan pelayanan administrasi yang terintegrasi dengan bank, memenuhi komitmen waktu pelayanan yang berdasarkan standar operasional yang sudah ditetapkan, memenuhi sumber daya manusia (SDM) penguji yang cukup, mulai dari pembantu penguji hingga penguji tingkat 5, serta alat uji yang sudah lengkap dan terkalibrasi,'' ulas Yuliarso.
 

Ket foto: Kadishub Pekanbaru Yuliarso (dua kanan) saat menerima peng­hargaan Apresiasi dan Akreditasi A untuk pelayanan publik uji kir kendaraan bermotor dalam program Stranas PK Kemenhub RI di Jakarta, Senin (30/1/2023). (Foto: DISHUB)

 

Selain itu, Dishub juga akan pengembangan yaitu akan menerapkan pelayanan drive thru dan penambahan gedung uji beserta alat uji lengkap. Ini harus dilakukan mengingat volume kendaraan bermotor di Kota Pekanbaru yang semakin meningkat.
 

''Ini adalah program strategis nasional pencegahan korupsi. Tadi kami (Pemko Pekanbaru, red) terpilih dari delapan kota. Salah satunya Kota Pekanbaru sebagai kota yang berhasil mendapatkan apresiasi dan akreditasi A,'' pungkasnya. ***Adv/Rpc/urc 
 

Berita Lainnya

Index