Atasi Pengangguran,

Dispora Riau Berdayakan Wirausaha Muda

Dispora Riau Berdayakan Wirausaha Muda
Kadispora Riau H.Boby Rachmat, S.STP, M.Si membuka pelatihan Wirausaha Muda

PEKANBARU - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau menggelar acara Pelatihan, Pembekalan, dan Magang  Wirausaha Muda di Provinsi Jawa Barat Tahun 2022. Kegiatan ini salah satu upaya dan tanggungjawab pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran.

Acara yang digelar selama tiga hari, mulai Senin (25/7) hingga Rabu (27/7) di Hotel Mutiara Merdeka ini, diharapkan para peserta (pemuda, red) dapat mengembangkan kreativitasnya untuk menjadi inisiator penggerak kemandirian melalui pengembangan usaha yang produktif.
 
"Peran pemuda dalam pembangunan sangat penting, karena berada dalam usia produktif untuk menunjang berbagai aktivitas pembangunan diberbagai sektor. Makanya, berbagai kebijakan harus dapat menunjang pemberdayaan mereka untuk lebih produktif dalam berbagai bidang," ujar Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Riau, H. Boby Rachmat, S.STP MSi, dalam sambutannya saat pembukaan acara, Senin (25/7/2022).

Menurut Boby, sebagian pemuda memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tinggi dan memperoleh bekal di masa depan, Namun sebagian lagi, mereka menghadapi kenyataan tidak mengenyam pendidikan tinggi atau bahkan putus sekolah.

Begitu juga sebagian pemuda dapat diserap di pasar tenaga kerja, dan sebagian lagi tersisih dari persaingan dan menjadi kelompok yang statis. 

"Kondisi ini mengakibatkan terjadinya kelompok pengangguran pada usia produktif. Pendidikan secara formal untuk menggiring pemuda pada wirausaha belumlah cukup. Pendidikan yang ada sekarang belum mendukung dalam menciptakan wirausahawan baru, atau dalam membangun kemandirian pemuda melalui kegiatan wirausaha," papar Boby.

Untuk itu, terang Boby, pemerintah telah mengupayakan pemberdayaan wirausaha pemuda, salah satunya lewat kegiatan saat ini, sehingga nanti dapat mendorong pengembangan wirausaha muda.

Sementara itu, Ketua Penitia sekaligus Kepala Bidang (Kabid) Layanan Kepemudaan Dispora Riau, Helfandi SE MSi, mengatakan,
34 peserta kegiatan ini adalah pemuda yang sudah memiliki usaha diberbagai bidang, dan berusia dari 16-30 tahun utusan 12 kabupaten/kota di Riau. 

Ada pun rincian 34 peserta tersebut, yakni Kota Pekanbaru 12 orang, Kuantan Singingi (Kuansing) 2 orang, Siak 2 orang, Rokan Hilir 2 orang, Rokan Hulu 2 orang, Dumai 2 orang, Pelalawan 2 orang, Bengkalis 2 orang, Kampar 2 orang, Kepulauan Meranti 2 orang, Inhu 2 orang, dan Inhil 2 orang.

"Usai melaksanakan kegiatan pembekalan wirausaha muda ini, mereka selanjutnya akan dimagangkan ke Provinsi Jawa Barat pada 27 Juli hingga 2 Agustus mendatang,dengan pemagangan berupa souvenir," ucap Helfandi.

Untuk narasumber atau instruktur dalam kegiatan pembekalan kali ini berasal dari Bank Riau Kepri, Ketua FKP Riau, Caraka Corp, Trust Co, Ceo Kawan Jalan Production, serta Ceo Lunar Production.***No

 

 


 

 

 

Berita Lainnya

Index